Viral COD..!! Video Cekcok Antara Pembeli Dan Kurir COD

Viral COD..!! Video Cekcok Antara Pembeli Dan Kurir COD

Minggu, 30 Mei 2021, 1:43:00 PM
Viral COD..!! Video Cekcok Antara Pembeli Dan Kurir COD

Tribunnetizen.news - Viral COD..!! Video Cekcok Antara Pembeli Dan Kurir COD - Kasus terjadi cekcok terhadap kurir oleh pembeli barang online via COD (cash on delivery atau bayar di tempat) berulang kali terjadi.

Dahulu sebelum e-commerce atau belanja online naik daun dan mulai marak seperti sekarang, skema COD juga sudah sering diterapkan. Awalnya, COD adalah transaksi yang mengharuskan pertemuan antara pembeli dan penjual di tempat dan waktu yang sudah disepakati. Biasanya penjual mengunggah dagangannya di media sosial maupun situs dan aplikasi jual beli online.

Penjual akan membawa barang fisik untuk diperlihatkan kepada calon pembeli. Setelah pembeli melihat dan memeriksa barang yang dipesannya sesuai, maka pembeli akan membayar sesuai harga yang disepakati. Kini skemanya berbeda. Syarat dan ketentuan COD melalui e-commerce pun beragam.

Dari berbagai layanan belanja online, ada yang menerapkan skema seperti dulu, ada pula yang tidak mengharuskan pembeli dan penjual bertemu. Jika skema COD diantar oleh kurir, maka pembeli tidak diperkenankan untuk membongkar kemasan sebelum membayar dengan uang tunai sesuai harga pembelian dan ongkos pengiriman ke kurir. Adapun jika barang yang dipesannya lewat COD tidak sesuai atau mengalami cacat/rusak, maka pembeli bisa komplain melalui fitur e-commerce yang menghubungkan penjual dan pembeli.

Hal ini juga berlaku jika menerima paket yang bukan pesanannya, maka pembeli bisa langsung menolak barang yang dikirimkan kurir dan tak perlu membayarnya. Perlu diingat bahwa pembeli tidak boleh membuka barang jika memang ia tidak memesannya. Maka, barang itu bisa dikirimkan kembali oleh kurir ke alamat penjual.

Perubahan dan perbedaan inilah yang kerap membuat pembeli kurang paham skema COD. Berikut syarat dan ketentuan COD di beberapa e-commerce di Indonesia: 



1. Shopee 

 
Pembeli harus melakukan pembayaran ke kurir sebelum menerima atau membuka paket Pembeli yang melakukan penolakan pembayaran atau tidak ada di tempat saat kurir mengirim paket dua kali dalam 60 hari akan diblokir dari sistem pembayaran COD Untuk pesanan COD pertama sampai dengan keenam kali akan dikenakan biaya penanganan sebesar 0 persen.

Khusus Pengguna lama, biaya penanganan akan dihitung secara prorata, yaitu berdasarkan jumlah transaksi COD yang telah digunakan sebelum 25 Januari 2021 (contoh: jika pengguna telah memesan 3 kali sebelum tanggal 25 Januari 2021, biaya penanganan sebesar 0 persen hanya akan berlaku pada pesanan ke-4 s/d ke-6).

Untuk pesanan COD ke-7 kali dan seterusnya akan dikenakan biaya penanganan sebesar 3 persen Pengguna yang teridentifikasi sebagai Dropshipper, baik dengan mengaktifkan tombol fitur dropship ataupun yang teridentifikasi pernah melakukan transaksi COD ke lebih dari 3 alamat yang berbeda, akan dikenakan biaya penanganan sebesar 9 persen Penjual yang teridentifikasi secara sistem memiliki pesanan dropship melebihi pesanan normal, maka seluruh pesanannya akan dikenakan biaya penanganan sebesar 9 persen Pembeli yang teridentifikasi menggunakan Browser PC/Komputer ataupun Mobile Web saat melakukan checkout akan dikenakan biaya penanganan sebesar 9 persen. Baca juga: Viral E-commerce Jual Krim Pemutih Kiloan, Ini Penjelasan BPOM


2. Tokopedia 

 
Maksimum pembelian Barang Fisik melalui fitur Bayar Di Tempat adalah seharga Rp 2.500.000 Mitra Tokopedia bertanggung jawab untuk melakukan pengecekan Barang Fisik bersama kurir Partner ketika barang diterima

Mitra Tokopedia berhak untuk melakukan penolakan penerimaan Barang Fisik yang diterima dalam keadaan rusak atau tidak sesuai pesanan akibat kesalahan Partner

Mitra Tokopedia wajib melakukan pembayaran sesuai dengan tagihan yang tertera pada delivery order yang diberikan oleh kurir Partner Mitra Tokopedia tidak dapat melakukan komplain apabila sudah melakukan pembayaran dan menandatangani nota yang dibawa oleh kurir. 



3. Blibli 

 
Untuk melakukan pembayaran dengan COD, pembeli dapat memilih opsi “Bayar di Tempat (COD)” pada kolom Pilih Metode Pembayaran.

Pesanan hanya akan diserahkan apabila telah menyelesaikan pembayaran ke kurir Blibli.

Pembayaran menggunakan metode COD akan dikenakan biaya 2 persen dari total transaksi.

Kurir pengantar akan melakukan penagihan ketika sampai di alamat tujuan.



4. BukaLapak 


Fitur COD bisa diaktifkan melalui Seller Center dan aplikasi Bukalapak minimal Android v4.71 dan iOS v2.65.

Pelapak yang dapat mengaktifkan COD adalah Super Seller yang memiliki lebih dari atau sama dengan 50 feedback positif.

Pelapak mengaktifkan metode pembayaran COD pada pengaturan jasa pengiriman dengan memilih SiCepat REG COD. Dalam satu transaksi COD, minimal belanja mulai dari Rp 30.000 hingga Rp 2.000.000.

Pelapak wajib mencetak label pengiriman (Cetak Pesanan) dan menempelkannya pada paket yang akan dikirim. Jika Pelapak tidak mencetak dan menempelkan label pengiriman pada paket pesanan, pengiriman tidak akan diproses oleh kurir, dan pesanan akan otomatis dibatalkan.

Pelapak tidak dapat melakukan pergantian kurir apabila pembeli memilih metode pembayaran Cash on Delivery dengan alasan apa pun.

Pelapak diharapkan untuk dapat memeriksa kembali alamat pengiriman pembeli.

Dana akan diteruskan kepada pelapak apabila pembeli sudah konfirmasi terima barang dan/ atau 2x24 jam setelah barang dinyatakan diterima maka dana akan diteruskan ke pelapak.

Bukalapak akan menindak pengguna jika pengguna melanggar dan atau terindikasi melakukan pelanggaran terhadap fitur Cash on Delivery.

Pelapak dapat menolak pesanan pembeli tanpa menerima penambahan akumulasi feedback negatif.

Syarat dan Ketentuan fitur COD ini merupakan bagian tak terpisahkan dari Aturan Penggunaan dan Kebijakan Privasi Bukalapak yang sewaktu-waktu dapat berubah tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Dengan bertransaksi menggunakan fitur COD maka Pengguna dinyatakan telah membaca dan menyetujui syarat & ketentuan program fitur COD ini dan Aturan Penggunaan dan Kebijakan Privasi Bukalapak.



#BATAKPOKER

BATAK POKER

https://batakhoras.xyz

TerPopuler

close