Rizieq Shihab Jadi Tersangka dan Ditahan, Ini Dia Kata-Kata Yang Membuatnya Ditahan...

Rizieq Shihab Jadi Tersangka dan Ditahan, Ini Dia Kata-Kata Yang Membuatnya Ditahan...

Minggu, 13 Desember 2020, 11:22:00 AM
Rizieq Shihab Jadi Tersangka dan Ditahan, Ini Dia Kata-Kata Yang Membuatnya Ditahan...


Tribunnetizen.news - Rizieq Shihab telah ditetapkan jadi tersangka dan menyerahkan diri saat akan ditangkap ke Polda Metro jaya, tapi tahukah kamu apa yang membuat dirnya jadi terangka kerumunan di petamburan?


Ajakan 'Siap Hadir?' lah yang membuat Rizieq Shihab jadi tersangka.

 

Seruan untuk menghadiri kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Petamburan yang berujung kerumunan diduga menjadi pemicunya.


Setelah pulang dari Arab Saudi, Rizieq mengikuti serangkaian acara di sejumlah daerah termasuk menghadiri acara Maulid Nabi di Tebet, Jakarta Selatan (13/11/2020). Dalam ceramahnya,  Rizieq menyelipkan undangan untuk mengikuti Maulid Nabi di Petamburan.


"Saya undang semua yang ada di sini insyaallah besok malam (Sabtu, 14/11) di Petamburan, kita akan mengadakan peringatan Maulid Nabi, Saudara, sekaligus saya undang," kata Rizieq yang disiarkan oleh YouTube Front TV, Jumat (13/11).


Rizieq mengatakan kegiatan Maulid Nabi itu bertepatan dengan akad nikah putrinya. Semua  diundang.


"Juga seluruh habaib karena kami juga akan menikahkan putri kami yang keempat. Siap hadir? Siap hadir? Takbir," katanya.


Ajakan ini sebenarnya bukan pertama kali disampaikan Rizieq. Di hari pertama kedatangannya di Tanah Air, Rizieq juga menyampaikan rencana terkait kegiatan Maulid Nabi di Petamburan.


"Dan insyaallah Sabtu nanti kita akan gelar Maulid Nabi Muhammad di tempat ini (Petamburan). Siap datang?" kata Rizieq saat berceramah di hadapan pengikutnya, di Jalan KS Tubun, Jakarta Pusat (Jakpus), Selasa (10/11).


"Siap, siap hadir, takbir," balas massa kompak.


Acara Maulid Nabi di Petamburan pun digelar pada Sabtu (14/11). Kerumunan tak terhindarkan. Sejumlah anggota jemaah yang hadir tampak tidak menerapkan protokol kesehatan terkait COVID-19.


Para jemaah duduk berimpitan, tanpa menjaga jarak. Selain itu, beberapa di antara mereka tak mengenakan masker.


Suasana desak-desakan sempat terjadi saat Rizieq dan keluarga naik ke atas panggung bersama keluarga dan besannya. Bahkan jemaah yang duduk semuanya berdiri menyambut kedatangan  Rizieq dan keluarga.


Kasus kerumunan ini pun diselidiki polisi. Sejumlah saksi dimintai keterangan dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hingga Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.


Rizieq juga sebenarnya sudah dipanggil untuk dimintai keterangan. Namun, dari dua kali panggilan yang dilayangkan, Rizieq mangkir.


Setelah melalui proses penyelidikan, penyidik Polda Metro Jaya kemudian meningkatkan status penanganan kasus tersebut ke tingkat penyidikan. Polisi menetapkan Rizieq dan lima orang tersangka lain sebagai tersangka.


"Untuk MRS, yang bersangkutan tersangka penghasutan Pasal 160 KUHP dan melawan petugas Pasal 216 KUHP. Untuk lima tersangka lainnya kena Pasal 93 UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Karantina Kesehatan," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Sabtu (12/12).


Sempat absen dua kali panggilan, Rizieq akhirnya mendatangi Polda Metro Jaya. Polisi menyebut pimpinan FPI tersebut datang untuk menyerahkan diri karena takut ditangkap.


"Jadi Rizieq itu, MRS itu, takut ditangkap, sehingga dia menyerah dan datang ke Polda Metro Jaya," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus saat dihubungi wartawan, Sabtu (12/12).


Polisi memastikan tidak ada jadwal panggilan kepada Rizieq hari ini. Penyidik tetap melakukan penangkapan kepada Rizieq yang telah ditetapkan sebagai tersangka di kasus kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat.


"Polda Metro Jaya tidak melakukan pemanggilan, kita akan tangkap ya. Karena dia takut ditangkap, dia menyerah," ujar Yusri.

(Tribunnetizen.news/Celine)








 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


















#LAPAKPOKER

#LAPAKDEWA


LAPAK POKER

LAPAK DEWA

TerPopuler

close