Video Detik-Detik Ledakan Bom Di Filipina, Diduga Wanita Indonesia Pelakunya

Video Detik-Detik Ledakan Bom Di Filipina, Diduga Wanita Indonesia Pelakunya

Rabu, 26 Agustus 2020, 3:54:00 PM

Video Detik-Detik Ledakan Bom Di Filipina, Diduga Wanita Indonesia Pelakunya


Tribunnetizen.news - Dua serangan bom dalam waktu satu jam terjadi di wilayah selatan, Filipina. Tepatnya di pulau Jolo, Provinsi Sulu, pada Senin, 24 Agustus 2020.

 
Bom pertama meledak sekitar tengah hari waktu setempat di sepanjang jalan utama di kota Jolo di provinsi Sulu, sekitar 1.000 kilometer (621 mil) selatan Manila.

Sedikitnya lima tentara dan empat warga sipil tewas, kata komandan militer regional Letnan Jenderal Corleto Vinluan. Laporan awal militer mengatakan sumber ledakan pertama adalah bom rakitan di sepeda motor yang diparkir.

Ledakan itu merusak sebuah toko makanan dan komputer serta dua truk tentara, kata juru bicara militer Rex Payot dan polisi.

Ledakan kedua, yang dilakukan oleh seorang wanita penyerang bunuh diri, meledak di dekatnya tak lama setelah ledakan pertama.

"Seorang wanita pembom bunuh diri meledakkan dirinya sendiri ketika seorang tentara menghentikannya memasuki daerah yang dikepung," kata Letnan Kolonel Ronaldo Mateo, seorang juru bicara militer kepada stasiun radio DZMM Manila.

Pembom dan seorang tentara tewas dan beberapa pengamat terluka.

Bom ketiga yang tidak meledak dilaporkan ditemukan di pasar umum. Ledakan gabungan itu menewaskan tujuh tentara, enam warga sipil dan satu petugas polisi dan melukai 75 orang, menurut angka dari kantor informasi pemerintah provinsi Sulu.

Serangan tersebut diduga didalangi oleh Mundi Sawadjaan, seorang ahli bom dari kelompok teroris Abu Sayyaf, menurut komandan militer regional Letnan Jenderal Corleto Vinluan.

Wilayah tidak stabil
Jolo, kota utama di pulau Jolo, adalah kubu militan Abu Sayyaf, yang telah berjanji setia kepada ISIS.

Militer berada di tengah-tengah serangan selama berbulan-bulan terhadap kelompok tersebut, salah satu organisasi teroris paling kejam di Filipina. Dalam beberapa tahun terakhir, Abu Sayyaf berada di balik beberapa pemboman, penculikan, dan pemenggalan di sana.

Baru-baru ini, serangan militer dan penyerahan diri telah menyebabkan jumlah kelompok bersenjata menyusut menjadi beberapa ratus dalam beberapa tahun terakhir.

Hanya dua minggu lalu, komandan kunci Abduljihad Susukan diserahkan ke pihak berwenang Filipina setelah mencari perawatan medis karena cedera yang dideritanya tahun lalu.
 
Panglima Militer Filipina Sebut Pelaku Bom Jolo Wanita WNI, Ini Sosoknya 
 
Letnan Jenderal Cirilito Sobejana, panglima militer Filipina, mengatakan kepada kantor berita ABS-CBN bahwa salah satu penyerang mungkin adalah istri orang Indonesia dari pelaku bom bunuh diri Filipina pertama, yang meledakkan dirinya di luar kamp militer di kota Indanan, juga di Sulu, pada 2019.

Sobejana mengatakan penyidik ​​telah mengumpulkan jenazah para tersangka untuk tes forensik, menentukan siapa warga negara Indonesia, dan siapa yang melakukan penyerangan.

Ada juga laporan bahwa salah satu penyerangnya adalah putri pasangan Indonesia yang berada di balik pemboman bunuh diri di gereja Katolik di Jolo pada Januari 2019, sebuah insiden yang menewaskan lebih dari 20 orang.

Dua insiden yang terjadi pada hari Senin tersebut, tidak jauh dari gereja.

Aksi bom tersebut adalah salah satu dari setidaknya enam bom bunuh diri dalam tiga tahun terakhir.
Aksi bom bunuh diri adalah sebuah modus serangan yang sebelumnya jarang terjadi di Filipina.

Nonton Videonya disini :

(Tribunnetizen.news/Celine)
























https://www.instagram.com/putriririajjah/
























poker online terpercaya

TerPopuler

close