Salah Paham! Video Oknum TNI AL Obrak-Abrik Markas Polisi Di Nias Selatan, Berakhir Damai

Salah Paham! Video Oknum TNI AL Obrak-Abrik Markas Polisi Di Nias Selatan, Berakhir Damai

Senin, 20 Juli 2020, 1:45:00 PM
Tribunnetizen.news - Video keributan sesama anggota karena kesalahpahaman terjadi di di Mako Sat Reskrim Polres Nias Selatan, Jumat (17/7/2020).

Keributan terjadi sekira pukul 14.10 wib. Saat itu, datang beberapa personil TNI AL, Serda H, Serda S, bersama empat anggota TNI AL lainnya ke Mako Sat Reskrim Polres Nias Selatan. Kemudian Brigadir Feris Harefa keluar dari ruang Unit Tipidkor karena mendengar ada keributan. 

Namun Serda H langsung melakukan pemukulan terhadap Brigadir Feris pada bagian wajah sebelah kiri.

Setelah itu Serda H masuk ke ruang unit Tipidter dan menendang Ipda Rizaldi Pasaribu di bagian perut sebelah kiri. Ipda Rizaldi saat itu sedang berada di ruang Unit Tipidter bersama beberapa personel Sat Reskrim lain.
Lalu Serda S menendang satu unit printer hingga terjatuh ke lantai.

Namun disebutkan salah satu personel TNI AL yang lain mencoba menahan tindakan Serda H dan Serda S. Setelah itu beberapa anggota angkatan laut membawa dua drum kosong yang berada di depan Mako Sat Reskrim dengan menggunakan truk dinas angkatan laut.

Akibat kejadian ini, Brigadir Feris Harefa mengalami lebam pada bagian kiri wajahnya. Selain itu, sejumlah properti di ruangan Satuan Reskrim Polres Nisel juga diobrak-abrik hingga mengalami kerusakan sejumlah kaca di ruang tersebut.

Kapolres Nias Selatan, AKBP Arke Furman Ambat saat dikonfirmasi membenarkan video yang viral tersebut. Insiden tersebut diketahui terjadi pada Jumat (18/7/2020) sore. Namun demikian, dia menolak menjelaskan penyebab terjadinya hal tersebut.

“Memang betul kejadian tersebut terjadi kemarin sore dan tidak perlu diperpanjang karena sudah didamaikan dan penyebabnya hanya kesalah pahaman saja antaranggota di lapangan,” kata Arke, Sabtu (18/7/2020).

Arke mengatakan saat ini Polres Nias Selatan bersama dengan TNI AD dari Kodim 0213 Nias dan TNI AL Lanal Nias menggelar apel gabungan. Usai apel, personel kemudian menggelar olahraga bersama.


"Ini bukti masalah sudah diselesaikan secara damai. Keiatan ini bertujuan untuk menjaga sinergitas," ucapnya.

Sementara itu, Danlanal Nias Letkol Laut (P) Jan Lucky Boy Siburian mengatakan TNI-Polri tetap menjalin kebersamaan dan sinergitas dalam mendukung tugas pokok. Menurutnya kejadian di Mapolres Nias Selatan adalah kesalahpahaman saja.

“Kita tetap solid dalam menjaga NKRI. Kejadian kemarin itu tidak perlu dibesar-besarkan. Anggota TNI AL dengan personel Polres Nias Selatan telah berdamai dan saling memaafkan,” ucapnya.





TerPopuler

close