Mengerikan! Video Detik-Detik Longsor Mirip Tsunami Di Tambang Giok Myanmar Sapu Penambang, 162 Orang Tewas

Mengerikan! Video Detik-Detik Longsor Mirip Tsunami Di Tambang Giok Myanmar Sapu Penambang, 162 Orang Tewas

Sabtu, 04 Juli 2020, 4:32:00 PM
Tribunnetizen.news - Akibat huan deras yang mengguyur, memicu gelombang lumpur dan batu seperti banjir bandang mengubur para pengumpul batu giok di lokasi penambangan batu giok di wilayah utara Myanmar.

Tim penyelamat terus melakukan penyelamatan sepanjang hari terhadap orang-orang yang masih dinyatakan hilang di lokasi kejadian di wilayah Hpakant, yang terletak di negara bagian Kachin.

Myanmar merupakan sumber batu giok terbesar di dunia, tetapi sering terjadi kecelakaan di berbagai lokasi pertambangannya, dan korban terbanyak adalah orang-orang yang mencari batu.

Gelombang yang menyapu para pekerja mirip tsunami,

Dalam video menunjukkan tanah longsor yang turun dari bukit dan masuk ke kawah, di mana air danau naik ke atas sebagai hasilnya. Petugas pemadam kebakaran mengatakan "gelombang lumpur" menabrak penambang.




Penambang yang panik kemudian terlihat berlomba menaiki bukit untuk melarikan diri sebagai tumpukan kaskade sampah hitam yang menjulang tinggi ke danau pirus.

Seorang penambang lain yang selamat dari insiden itu, Maung Khaing, mengatakan kepada Reuters bahwa orang-orang mulai berteriak "lari, lari" sebelum orang-orang di kaki bukit "menghilang begitu saja."



"Saya masih merinding ... Ada orang-orang yang terjebak di lumpur berteriak minta tolong tetapi tidak ada yang bisa membantu mereka," katanya.

Dinas Pemadam Kebakaran mengatakan 54 orang yang terluka dibawa ke rumah sakit. Jumlah korban yang diumumkan oleh agen-agen negara bagian dan media tertinggal di belakang agen api, yang paling dekat terlibat. Sejumlah orang yang tidak dikenal dikhawatirkan hilang.

Setidaknya 162 jenazah telah ditemukan menyusul tanah longsor di lokasi penambangan batu giok di wilayah utara Myanmar, demikian keterangan pemerintah negara itu.


TerPopuler

close