Demi Kemanusiaan!! Rakyat Aceh Terima & Tolong Pengungsi Rohingya Yang Terdampar Di Aceh Utara

Demi Kemanusiaan!! Rakyat Aceh Terima & Tolong Pengungsi Rohingya Yang Terdampar Di Aceh Utara

Minggu, 28 Juni 2020, 1:42:00 PM
Tribunnetizen.news - Aksi terpuji dilakukan oleh warga Aceh Utara, tepatnya di Desa Lancok, Kabupaten Aceh Utara (25/6/2020).

Menjunjung tinggi nilai kemanusian, warga Aceh termasuk para nelayan membantu mngevakuasi pengungsi Rohingya yang terombang-ambing di laut.

Pengungsi tersebut sebelumnya sudha ditolak di Malaysia dan akhirnya diterima di Indonesia, tepatnya di Aceh Utara.

Dari informasi yang kami terima, pengungsi Rohingya berjumlah sekitar 100 orang, sebanyak 15 orang laki-laki, 49 perempuan hingga 30 anak-anak telah dievakuasi oleh para nelayan di Aceh.

Di tengah pandemi virus corona baru (Covid-19) melanda dunia, negara-negara di sekitar Asia Tenggara semakin enggan menerima perahu pengungsi dari Rohingya.

Kendati demikian, seorang nelayan di Aceh bernama Hamdani mengatakan bahwa menyelamatkan para pengungsi Rohingya adalah tugas moral.

"Itu tidak lebih dari rasa kemanusiaan dan bagian dari tradisi kami di Komunitas Nelayan Aceh Utara," ujar Hamdani kepada Reuters.

Dirinya berharap, pemerintah daerah setempat bisa menerima dan merawat para pengungsi yang sudah datang.

"Kami berharap bahwa para pengungsi akan dirawat di desa kami," ungkapnya.

Warga juga mengatakan "Kalau pemerintah tidak mampu, kami saja masyarakat yang membantu mereka, karena kami adalah manusia dan mereka (para pengungsi Rohingya) adalah manusia juga dan kami memiliki hati,"

Para pengungsi Rohingya yang melarikan diri dari Myanmar dan Bangladesh tersebut sudah berlayar di lautan lepas sejak November 2019 lalu.

Banyak di antara mereka harus kehilangan nyawanya saat melakukan pelayaran lantaran persediaan makanan yang habis.

Sebagian besar pengungsi dikabarkan berlayar menuju negara-negara Asia Tenggara termasuk Malaysia, Thailand dan Indonesia.

Namun, beberapa negara tidak menerima para pengungsi Rogingya dengan alasan pandemi Covid-19 yang masih mengalami pelonjakan.

Datangnya pengungsi Rohingya beberapa hari lalu merupakan momen solidaritas. Ini pilihan tepat dan penghargaan bagi masyarakat di Aceh yang mengambil risiko sehingga anak-anak, perempuan dan laki-laki ini dapat dievakuasi ke pantai. Mereka telah menunjukkan sisi terbaik dari kemanusiaan.


(Tribunnetizen.news/Celine)

































poker online terpercaya 2020

TerPopuler

close